Blog

Zurb dan Bootstrap: Bikin Tampilan Web Makin Cepat

Bagi Anda yang sudah lama di dunia web development pasti mengenal baik 960 grid system, sebuah pola css, yang bisa membuat tampilan website jauh lebih cepat, secepat yang diinginkan. 960 grid system ini berfokus pada tata letak sebuah tampilan website saja, menggunakan bantuan CSS2. Sebetulnya ini adalah formula dari seorang web designer yang sudah sangat veteran di dunia web design, sehingga dengan formula ini keseragaman adalah tujuannya.

Hasilnya bisa dilihat dengan jelas, tampilan website lebih cepat dibuat, lebih rapi, terarah, sehingga saya jamin, di browser web mana pun hasilnya akan sama rata, sama rasa. Jelasnya dengan pola 960 gridsystem ini Anda tidak perlu lagi mengetikkan satu demi satu div div layout, hingga menjadi banyak dan akhirnya jadi satu kesatuan. Tapi cukup gunakan saja polanya, tidak sampai setengah jam kerangka web Anda telah jadi, dan Anda tinggal merapikannya saja. Setelah Anda menggunakan grid system ini saya jamin, kedepannya Anda akan membuat desain yang lebih efisien mengacu kepada 960 grid system ini.

Silahkan cek http://960.gs jika Anda ingin mengetahui lebih jelas.


Zurb Foundation 3

Foundation 5
Namun baru-baru ini bukan hanya 960 grid system yang membuat web designer dipermudah pekerjaannya, tapi perusahaan Zurb membuat sebuah pondasi yang bisa dimanfaatkan oleh para web designer, jelasnya semakin cepatlah nantinya pekerjaan web designer. Ialah Zurb Foundation v.3, yang dikeluarkan oleh Zurb. Zurb Foundation 3 sebetulnya merupakan pengembangan dari 960 grid system, tidak hanya pola saja, tapi Zurb Foundation memiliki Basic UI Elements, membuat button jadi jauh lebih cepat, form yang sudah diberikan style sehingga kita cukup memakainya saja, dan lakukan sedikit perubahan sesuai dengan keinginan, di samping itu zurb foundation pun memiliki javascript yang sudah terintegrasi dengan basenya.

Silahkan cek http://foundation.zurb.com/ untuk lebih lengkap


Twitter Bootstrap

Twitter Bootstrap
Bootstrap twitter ini lebih memfungsikan dirinya sebagai salah satu framework yang memudahkan web designer dalam bekerja. Pembuatanya mengatakan Grid System bukanlah segalanya, tapi membuat website menjadi tahan lama dan fleksibel adalah intinya, sehingga proses pengembangan menjadi sangat sederhana. Twitter bootstrap menjajikan developer untuk membuat website yang responsive, sehingga tampilan website akan bagus dilihat diberbagai device, tentunya dengan menyesuaikan device tersebut. Misalkan ketika tampilan website Anda diakses menggunakan pc, ataupun smartphone maka akan menyesuaikan.

Mungkin Anda akan semakin tertarik karena Anda tidak perlu mengkhawatirkan desain website Anda akan berbeda di browser Internet Explorer, karena tampilannya akan sama dengan browser yang lain.

Info lengkap Silahkan cek http://twitter.github.com/bootstrap/

<< Go back to the previous page

Tags : baliwebdesign zurbdanbootstrap

© a6smile enterprises 2024 / Design with by Anom Wijaya